Halaman

Senin, 16 Februari 2009

BlackBerry Curve 8900, Mantap Buat Pebisnis

Meski Research In Motion (RIM) sudah mengeluarkan BlackBerry Storm yang mengusung fitur layar sentuh, bukan berarti lantas produk BlackBerry dengan desain klasik bakal dilupakan. Kebanyakan konsumen BlackBerry memang dari kalangan pebisnis yang tak terlalu memerlukan fitur layar sentuh. Dan ini juga dipahami oleh RIM yang kemudian meluncurkan generasi penerus dari Curve ini.

BlackBerry Curve 8900

BlackBerry Curve 8900 ini masih mengusung desain yang tak terlalu jauh dari model Curve sebelumnya. Bagian depan seolah terbagi dua dengan layar di bagian atas dan jajaran tombol keypad QWERTY di bagian bawahnya. Tepat di antara layar dan keypad ini terletak trackball dan empat tombol lain yang berfungsi untuk menerima dan mengakhiri pembicaraan telepon serta tombol menu dan back.

Warna hitam dengan finishing glossy dipilih menjadi warna utama bagian depan dengan sedikit sentuhan berwarna chrome yang seolah menjadi bingkai dari tampak depan ini. Tampilan klasik ini jelas sudah tak asing lagi buat para pengguna lama BlackBerry. Tapi di balik tampilan yang klasik itu RIM juga memberi sentuhan baru yang membuat Curve 8900 ini jadi lebih mantap sebagai teman pebisnis.

BlackBerry Curve 8900

Perbaikan yang jelas terlihat adalah dimensinya yang sedikit lebih kecil dan tipis dari generasi sebelumnya. Namun tentu saja ukuran yang jadi mengecil ini membawa dampak ukuran layar yang jadi ikut menyusut pula. Untungnya, RIM memasang layar dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga tampilan jadi lebih tajam dan cemerlang. Menonton film lewat layar seluas 2,44 inci ini pun jadi lebih menyenangkan.

Dua perbaikan lain yang cukup menarik adalah dipasangnya trackball Atomic serta penggunaan jack headphone standar berukuran 3,5 inci sehingga Anda tak lagi dibatasi pada penggunaan headset bawaan produk ini. Mengenai Atomic trackball, konon ia mampu menahan debu dan kotoran serta memiliki performa yang lebih mulus.

Jeroan smartphone ini pun mendapat perhatian juga. Bila sebelumnya RIM menggunakan prosesor berkecepatan 312MHz kali ini mereka memasang prosesor dengan kecepatan 512MHz. Kapasitas memori juga ditingkatkan menjadi 256MB sementara slot kartu memori yang dipasang juga sudah mendukung kartu berkapasitas 16GB. Sayangnya, posisi slot kartu ini agak sulit dijangkau.

BlackBerry Curve 8900

Meski bukanlah salah satu andalan, namun RIM masih memasang kamera pada ponsel cerdas ini. Setidaknya untuk sekedar dokumentasi, kamera 3,2 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash ini sudah cukup. Tapi jangan berharap bisa mendapatkan hasil bidikan yang prima dari kamera ini. Soal fitur andalan, BlackBerry memang paling jago soal email. Dan itu masih tetap terjaga pada generasi Curve 8900 ini.

Singkatnya, jika Anda ingin smartphone dengan kemampuan email yang handal, GPS, kemampuan mengolah dokumen office dan web browser yang handal, BlackBerry Curve 8900 ini memang cocok buat Anda. Sayangnya, gadget yang satu ini belum mendukung jaringan 3G. Mungkin itu juga yang menghalangi Trusted Reviews memberikan nilai tertinggi untuk smartphone ini. Tapi setidaknya, ponsel cerdas yang dijual dengan harga sekitar US$500 atau setara Rp 5.500.000 ini masih mendapat nilai 8 dari 10 dari situs ini.

Spesifikasi:

Jaringan:GSM 850/ 900/ 1800/ 1900
Data:GPRS Class 10, HSCSD, EDGE Class 10, Wi-Fi 802.11b/g
Sistem Operasi:BlackBerry OS V4.5
Layar:2.44 inches, 480 x 360 pixels
Kamera:3.2 megapixel dengan flash
Multimedia:Media player
Memori:256MB + microSD slot
Konektivitas:Bluetooth, USB
Dimensi:109 x 60 x 13.5 mm
Fitur Lain:GPS, Java, BlackBerry maps, Organizer
Situs Resmi:www.blackberry.com

Tidak ada komentar: